Entri Populer

Sabtu, 26 November 2011

probiotik dan mekanismenya


Pengertian
Probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain/inangnya beberapa contoh pada makanan suplemen diet yang mengandung bakteri berguna dengan asam laktat bakteri (lactic acid bacteria – LAB) sebagai mikroba yang paling umum dipakai.. LAB telah dipakai dalam industri makanan bertahun-tahun karena mereka mampu untuk mengubah gula (termasuk laktosa) dan karbohidrat lain menjadi asam laktat. Ini tidak hanya menyediakan rasa asam yang unik dari dairy food fermentasi seperti susu fermentasi, tapi juga berperan sebagai penyedia, dengan cara mengurangi pH dan membuat kesempatan organisme merugikan untuk tumbuh lebih sedikit

Fungsi dari bakteri asam laktat sebagai mikroorganisme probiotik
·   Mencegah kanker. (Leuc. paramesentroides)
Pada sel kanker terdapat senyawa senyawa mutagen dan karsinogen yang terbentuk dari  reaksi pyrolisis asam-asam amino misalnya triptophan dan asam glutamat serta dari protein. Senyawa-senyawa ini dikenal dengan nama heterocyclic amines atau HA Mekanisme pembentukan senyawa-senyawa mutagen sejauh ini belum dapat dijelaskan dengan pasti. Namun dari hasil penelitian ditemukan bahwa mutagen dapat terbentuk bila campuran yang banyak terdapat dalam otot misalnya glycin, glukosa dan kreatinin dipanaskan pada suhu 1280C (Negishi et al, 1984). Mutagenetik dapat dihilangkan dengan produk pangan seperti dengan mengonsumsi  minuman probiotik yang mengandung BAL dalam dadih telah dilaporkan mempunyai efek antimutagenik terhadap berbagai jenis mutagen seperti N- nitrosodimethylamine (NDMA), N-nitroso-pyrrolidine (NPIP) dan N-nitroso-piperidine (NPIP); senyawa mutagen ini banyak dijumpai pada bahan pangan dan minuman (Hosono et al, 1990a)
Mekanisme antimutagenik dari BAL dadih dengan cara mengikat mutagen dan karsinogen di
dalam saluran pencernaan terutama dalam usus halus dan kolon, dimana  Mutagen dan karsinogen diikat oleh peptidoglikan yang terdapat pada dinding sel BAL, Dengan demikian mutagenesis sel tidak terjadi dalam tubuh. Jadi secara tidak langsung dapat dikatakan bahwa melalui mekanisme ini BAL mencegah terjadinya penyakit kanker.
Efek antitumor dari BAL juga disebabkan oleh penghambatan aktivitas enzim β- glucuronidase,azoreductase dan nitroreductase dan penghambatan pertumbuhan bakteri penghasil enzim-enzim yang mengkonversi senyawa-senyawa prokarsinogen menjadi karsinogen.

·   Menurunkan Kolesterol Darah
Proses penurunan kandungan kolesterol darah oleh bakteri asam laktat melalui 2 mekanisme, yaitu:
ü Pengikatan kolesterol oleh dinding sel bakteri
Lactobacillus acidophillus yang umum terdapat pada saluran pencernaan orang dewasa sehat mampu mengikat kolesterol di dalam usus halus dengan membran selnya sebelum kolesterol tersebut diserap oleh usus.
üDekonyugasi garam empedu
Bakteri asam laktat mempunyai enzim Bile Salt Hydrolase (BSH) yang akan merubah garam empedu menjadi asam empedu terdekonyugasi (dalam bentuk asam kolat bebas), yang kurang diserap oleh usus dibandingkan dengan asam empedu terkonyugasi. Asam kolat bebas ini kemudian dibuang dari saluran pencernaan. Dengan demikian jumlah asam empedu yang kembali ke hati akan berkurang sehingga dibutuhkan kolesterol untuk membentuk garam empedu lagi. Akibatnya jumlah kolesterol dalam darah akan berkurang. Makin banyak asam kolat bebas yang terbuang melalui feses, akan semakin banyak pula kolesterol yang ada digunakan untuk mensintesa garam empedu lagi dan pada akhirnya jumlah kolesterol dalam darah menjadi berkurang

üPenurunan Kolesterol dan Mengatasi Lactose Intolerance oleh BakteriProbiotik pada Yogurt
Penurunan kolesterol terjadi karena BAL (Bakteri Asam Laktat) yang ada pada produk yogurt yaitu genus Lactobacillus sp.dapat mendegradasi kolesterol menjadi menjadi coprostanol. Senyawa tersebut adalah zat yang tidak dapat diserap olehusus, sehingga senyawa coprostanol dikeluarkan bersama-sama feses. Sehingga jumlah kolesterol yang diserap oleh tubuh menjadi lebih rendah.
Selain dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh,bakteri probiotik pada yogurt juga dapat mengatasi penderita lactose intolerance, dimana penderita lactose intolerance tidak mampu mencerna laktosa pada susu. Hal ini disebabkan karena penderita kekurangan enzim laktase, sehingga setiap meminum susu, butiran laktosa akan tertinggal di permukaan dinding usus halus (tidak dapatdiserap oleh usus) dan menyerap air sehingga menyebabkan diare. Dengan mengkonsumsi yogurt dapat mengatasi lactose intolerance,hal ini disebabkan laktosa dalam susu telah dipecah menjadi glukosa dan galaktosa oleh bakteri
 L.bullgaricus melalui proses fermentasi sehingga mudah diserap oleh usus.

sumber : berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar